Dari mana memulai untuk perbaikan e-gov di indonesia ?






Indonesia dirasa perlu menerapkan system e-government dengan baik demi kemajaun negara ini.
Namun dari mana harus memulai penerapan dan perbaikan e-gov tersebut?
Saya berpendapat bahwa yang pertama harus melakukan perbaikan adalah departemen/kementrian/instanasi pemerintahan yang benar-baner terkait langsung dengan masalah ini, yaitu Komunikasi dan Informasi, serta Riset dan Teknologi.
Hal ini didasarkan karena mereka-mereka inilah yang seharusnya sangat akrab dengan teknologi ini.
Mereka diharapkan dapat membuat system yang baik, berguna, dan dapat diterapkan oleh semua pihak. Diharapkan perbaikan diawali dari akar rumput, diamana jika pada bagian fundamental dari lembaga-lembaga ini sudah mampu beradaptasi dan menerapkan perbaikan system e-goevernment ini maka keatasnya dan secara keseluruhan dari lembaga juga akan dapat menerepakan dengan baik.
Dan nantinya dari sinilah semua bermula. Instansi/lembaga-lembaga tersbut diatas dapat menjadi pilot project yang menjadi contoh bagi instansi/lembaga lain yang ada dinegara ini. Mereka diharapkan dapat menularkan, memberi contoh, dan membantu dalam penerapan dan perbaikan system dilembaga lain.
Namun perlu diperhatikan dan dicermati bahawa hal ini tidak berarti interfensi antar lembaga. Mereka yang menjadi contoh nantinya akan berperan seperti layaknya penyuluh dan pengontrol jalannya proses ini.


image source : preserve.histioricithaca.org

0 komentar:

Posting Komentar