E-Gov.. dulu, sekarang, dan kedepan



Pemerintahan elektronik atau e-government (berasal dari kata Bahasa Inggris electronics government, juga disebut e-gov, digital government, online government atau dalam konteks tertentu transformational government) adalah penggunaan teknologi informasi oleh pemerintah untuk memberikan informasi dan pelayanan bagi warganya, urus an bisnis, serta hal-hal lain yang berkenaan dengan pemerintahan [wikipedia]


Peran e-gov dalam pemerintahan, dalam hal ini kita ambil contoh adalah sektor pendidikan. Pemerintah melalui Departemen Pendidikannya sudah cukup sukses dalam menerepakan e-gov.
Sebagai contoh perbandingan adalah pada sistem informasi pendaftaran sekolah, dimana pada masa lalu seorang calon siswa yang ingin melanjutkan pendidikannya ke jenjang yang lebih tinggi, diharuskan untuk mecari informasi secara manual, mendatangi beberapa sekolah yang diminati untuk mengumpulkan informasi. Banyak hal yang tentunya memberatkan mereka dalam hal ini, sebut saja letak sekolah yang jauh dan membutuhkan waktu atau uang lebih untuk mengakses, informasi yang dibutuhkan belum diupdate pada saat dibutuhkan, dan lainya.
Namun sekarang terlihat sekali banyak perubahan, calon siswa dapat mencari informasi tentang sekolah yang dia ingin masuki melalui internet [baru untuk beberapa sekolah saja], dengan ini mereka tidak perlu mendatangi sekolah hanya untuk mencari informasi. Semuanya sudah tersaji dan dipaparkan pada media informasi yang ada diinternet tersebut.
Misalnya persyaratan minimal yang harus dipenuhi, profil sekolah, kalender akademik, perkiraan biaya, dll sebagainya.
Contoh lain dari pemanfaatan ini adalah pada pengumuman hasil ujian seleksi masuk perguruan tinggi, tanpa harus membeli media cetak [baca, koran], sekarang para calon mahasiswa sudah dapat mengetahui hasil seleksi mereka.
Sangat meudahkan bukan, masyarakat jadi semakin dimudahkan dan dimanjakan dengan pelayanan yang ada.
Di kampus-kampus pun mahasiswa tidak perlu lagi berdesak-desakkan di bagian akademik untuk pendaftaran ulang, memperpanjang masa studi dan lain sebagainya. Mereka tinggal memanfaatkan fasilitas yang ada, dengan koneksi internet dimana saja.
Kedepan diharapkan system ini menjadi lebih baik lagi, hadir dengan fitur yang semakin memudahkan pengguna/pemanfaatnya, dan dengan tingkat efisiensi dan keamanan yang tinggi.
Tidak hanya pada dunia pendidikan, hal ini diharapkan juga berkembang pada instansi lain, sebut saja Perpajakan, Haji di Departemen Agama, Kependudukan, dan lain sebagainya.

Melihat perkembangan situasi yang ada, tidak mustahil hal itu dapat dicapai dalam waktu yang singkat ini. Dan kita diharapkan juga dapat berperan dalam perwujudannya.

Demi indonesia yang lebih baik !!!


image source : banjar-jabar.go.id

2 komentar:

thonay '07 mengatakan...

lalu kapan kira2 e-gov kita akan berkembang secara pesat dan merata,yang berkembang tidak hanya di kota2 besar saja,melainkan di pelosok2 pun harus ada,,,,

thank u Dr B.

Brilliant mengatakan...

ntu dia mr tonay...kalo ente dah jadi presiden ato menteri yang bersangkutan mungkin.....

Posting Komentar