Ayo... sadar data....



Data adalah catatan atas kumpulan fakta. Data merupakan bentuk jamak dari datum, berasal dari bahasa Latin yang berarti "sesuatu yang diberikan". Dalam penggunaan sehari-hari data berarti suatu pernyataan yang diterima secara apa adanya [wikipedia].


Apa sih pentingnya data?
Pertanyaan sederhana yang bisa jadi sangat berat jawabanya... ah tapi apapun itu mari kita coba untuk membahasnya.
Bagi kebanyakan dari kita, keberadaan dan kegunaan dari data sering kali luput dari perhatian. Hal ini dikarenakan kita tidak menganggap dan merasakan keberadaanya sebagati sesuatu yang dibutuhjkan dan urgent untuk dipenuhi. Tanpa mengetahui data sama sekali kita masih dapat hidup, masih dapat beraktivitas dengan baik. Tanpa tahu akan data, kita juga dapat menjalankan hidup dalam berbagai macam kondisi, apakah itu dalam keadaan miskin, sederhana, atau berlebih [baca , kaya].


Manfaat data adalah sebagai satuan representasi yang dapat diingat, direkam, dan dapat diolah menjadi informasi [kuliah-apsi.blogspot]


Data dapat digunakan mengetahui suatu keadaan (memperoleh gambaran tentang sesuatu) atau sebagai indikator untuk mengetahui terjadinya suatu masalah.
Data juga dapat dimafaatkan sebagai dasar pengambilan keputusan dalam upaya memecahkan masalah yang timbul.
Lainya adalah seperti ketika kita dihadapkan dengan suatu kajian ilmiah yang membutuhkan fakta dari sebuah penelitian/pengamatan, seperti pada saat pembuatan laporan pengujian laboratorium, laporan untuk paper ilmiah, ataupun skripsi.
Dengan adanya data kita bisa membuat suatu estimasi terhadap sesuatu kejadian, memperkirakan langkah-langkah yang mungkin akan diambil, dan masih banyak lagi.

Sudah melek?


Ya ternyata data sangat banyak manfaatnya, dan khusus bagi kita orang-orang yang terlibat dengan dunia pendidikan, informasi, dan teknologi, kesadaran dan tingkat pemahaman terhadap data perlu ditingkatkan.
Setelah mengetahui manfaatnya, diharapkan kesadaran kita akan meningkat, kita akan lebih memperhatikan dan mau mempelajarinya. Menjadi lebih tertarik dan paham terhadap data.

image source : joedeacon.com

0 komentar:

Posting Komentar