Bank Data & Kesadaran Terhadap Data





Bank Data, bagi sebagian masyarakat awam keberadaan data mungkin tidak begitu menjadi perhatian. Namun tidak mestinya dengan kita para IT-society. Kita seharusnya sadar dengan keberadaannya dan mampu memanfaatkannya dengan maksimal.
Data dalam ruang lingkup IT dapat kita kaikan dengan beberapa hal antara lain :
1.Wujudnya:
Wujud data yang ada di negara kita ini berupa dokumen/arsip yang disimpan di Arsip Nasional, dan di masing-masing Departemen dan Instansi Pemerintahan.
2.Pengelolaan
Data dikelola oleh lembaga-lembaga yang ditunjuk khusus oleh pemerintah dan diberi wewenang untuk menangani, mengelola, data tersebut. Lembaga lembaga tersebut seperti Arsip Nasional, BPS, Departemen-departemen, dan instansi lainya
3.Kegunaannya
Untuk merancang statistik, perkiraan peluang, dan estimasi antisipasi terhadap sesuatu serta membuat perencanaan dan pengendaliannya
Berkaitan dengan data, mungkin sebagian dari kita baru akan aware ketika sudah dekat waktunya dengan Pemilu, Pilkada, Sensus, pembuatan laporan, skripsi dan lain sebagainya. Data dan Bank Data sangat penting keberadaanya. Pengelolaannya pun harus diperhatikan agar data yang ada aman, valid, dan selalu update [untuk kasus tertentu].
image source : dailymail.co.uk

0 komentar:

Posting Komentar