Rencana dan Strategi untuk jadi Sarjana Komputer yang tidak Kebingungan



Wah judulnya terkesan begitu berat... Namun semoga isinya ringan-ringan saja, dan tidak membuat anda malas untuk membacanya.

Kuliah di jurusan IT, ikutin perkuliahan, ngerjain tugas, penuhi absensi, ikut ujian, buat tugas akhir, lewati sidang, dan akhirnya lulus dan dapat gelar S.Kom... Habis itu mau jadi apa?
Pertanyaan yang cukup sulit, dan dapat melahirkan berbagai macam jawaban dan persepsi.
Anda boleh tidak sependapat dengan saya, namun yang saya amati adalah bahwa kebanyakan sarjana (tidak hanya IT) tidak memiliki rencana yang jelas setelah mereka lulus... dan dalam kata lain kebingungan. Berbagai dalih dijadikan pembenaran, dan melahirkan berbagai macam keadaan.
Dan tanpa maksud merendahkan profesi, sebagian dari mereka ada yang cuman berakhir sebagai operator warnet yang seharianya bekerja lebih dari 12 jam, sebagai sekretaris, karyawan toko komputer dan lain sebagainya .. huffft, tapi setidaknya cukup nyambung dengan beckground mereka yang pada kuliah didik untuk akrab dengan komputer.
Lainya memilih, atau terpaksa memilih berbagai macam profesi lain yang sama sekali tidak ada kaitanya sama sekali dengan apa yang mereka pelajari dan diharapkan jadi orientasi mereka ketika terjun ke dunia profesi.
Ketika pertama kali masuhk atau memilih sebuah jurusan, pertanyaan sederhananya adalah ... apa cita-cita anda, dan motivasi anda memilih jurusan ini? Mungkin sebagian dari kita tidak secara detail membuat dan memikirkan sebuah perencanaan dan strategy untuk mencapainya dimasa yang akan datang.
Lalu idealnya seperti apa.
Ya idealnya adalah hidup dengan penuh rencana. Kita harus membuat sebuah perencanaan dengan memikirkan berbagai macam aspek, seperti waktu, kesanggupan untuk pencapaian, ukuran realistisnya, prioritas, dan cara untuk mencapainya.
Pada saat memilih dan akhirnya memutuskan untuk kuliah dijurusan IT, maka kita seharusnya sudah punya gambaran dan referensi tentang bagaimana jalanya perkuliahan, serta mendapat tips dan trik untuk sukses dalam perkuliahan. Seiring berjalanya waktu kita juga harus memilki tujuan, yang nantinya diberi skala prioritas. Misalnya tujuan utama saya adalah menjadi seorang web master, hal ini didasarkan pada pertimbangan minat, bakat, dan kemampuan saya, tujuan berikutnya pun harus di set, misalnya saya akan menjadi ahli jaringan, ataupun ahli basis data.
Setelah tujuan diset, maka dalam menajalankan proses kita akan lebih mudah, sudah ada pathway nya, kita tidak perlu ngelantur kesana kemari, dan kalaupun itu terjadi kita tahu harus kembali dan mengikuti jalan yang mana.
Untuk memuluskan jalan agar semua goal/tujuan itu tercapai maka kita harus berusaha ekstra, saya yakin apa yang kita dapat diperkuliahan saja tidak cukup. Lantas apa solusinya?
Tidak lain adalah dengan mendekati dosen, senior, dan teman-teman yang ahli dibidang tersebut dan dirasa dapat meningkatkan pemahaman dan penguasaan kita. Jalan berikutnya adalah dengan aktif menambah source, gabung dengan komuniras/forum, ikut seminar, workshop, dan mungkin kursus tambahan atau program sertifikasi keahlian [why not?]
Fokus pada tujuan, serius, telaten dan sabar menikmati proses [itu idealnya juga].

image source : mustrundie.wordpress

0 komentar:

Posting Komentar