Imajinasi Tentang Arah Perkembangan IT di Masa Depan

Bagi saya sendiri bayangan yang ada tidak jauh beda dari apa yang saya coba paparkan pada petemuan tersebut. Dimana saya memebayangkan tentang beberapa hal yang saya bagi dalam beberapa point yakni sebagai berikut :

1. Adaptasi dunia IT berkaitan dengan sumber daya energi isu tentang kelangkaan energi dimasa datang menjadi pertimbangan mendasar saya untuk point ini. Seperti yang sudah mulai kita alami dimasa sekarang ini, ditambah dengan berbagai hipotesa yang dikaji para ahli terkait dibinganya, persediaan energi konvensional semakin hari akan semakin menipis.
saya membayangkan dimana pada masa depan akan banyak ditemukan teknologi hemat energi, yang disertai pula dengan penemuan-penemuan sumber energi baru. Komponen dunia IT akan beradaptasi dengan konsep-konsep seperti "Go Green", "Triple R : Reduce, Reuse, dan Recycle", dan "Les energi consume". akan dihasilkan komponen-komponen IT/komputer yang hemat energi, sangat bersahabat dengan alam tentunya dengan fitur dan kemampuan yang lebih sophisticated.

2.Pengambangan dan perluasan jarigan komputer bisa dibayangkan dimana para petani di daerah terpencil, para nelayan di samudera luas, pekerja tambang, pendaki puncak-puncak gunung, bahkan penyelam di dasar laut sekalipun dapat mengakses internet tanpa batas, gratis, dan dengan kecepatan sangat tinggi. negara manapun didunia sudah mengembangkan dengan baik jaringan komputernya.

3.Bentuk fisik bardware akan semakin ringkas dan berkurang Seperti pada film Sci-Fi (baca : Science Fiction/Fiksi Ilmiah) yang sering saya tonton. Mungkin akan banyak ditemukan dan berlaku umum/lumrah dimana tidak ada lagi bentuk fisik dari monitor. Output/show device akan digantikan dengan layar sentuh maya yang dihadirkan oleh sinar hologramdari pemancarnya. Pemancar sinar seperti layaknya projector akan memancarkan sinar dengan bentuk dan ukuran tertentu yang bisa di customize. Pemancar tersebut bisa saja terintegrasi langsung dengan CPU, yang berbentuk ringkas dan portable.
perkembangan teknlogi hardware menghasilkan segala sesuatu dengan kemampuan berkali-kali lipat jauh lebih bagus, namun dengan ukuran yang jauh lebih kecil pula. Chip processor akan menjadi sangat kecil, begitu juga dengan memory, harddisk, dan lainya. Tidak diperlukan lagi sistem pendingin konvensional, dan semuanya menjadi sangat portable.

Bagaimana kita selaku warga IT mengadapi dan mengantisipasi peruahan tersebut? Seperti apa yang disampaikan pak Nixon pada perkuliahan pertemuan kita tersebut ; "Perkembangan IT sangat liar". Memang benar bahwa perkembangan yang terjadi di dunia It sangatlah cepat dan bersifat massive. Bahasa pemograman yang kita pelajari saat ini, mungkin saja sudah ditingglakan sejak lama oleh bebearpa kampus didunia ini. Komponen-komponen hardware yang beberapa bulan sebelumnya merupakan yang "terbaru" dan "tercanggih" mungkin saja saat ini sudah memiliki versi yang lebih mutakhir lagi atau memilkiki versi saingan yang diluncurkan vendor kompetitor mereka, dan tentunya dengan kemampuan yang lebih baik.

Memang benar adanya bahwa akan sangat susah menjadi warga IT (sebutan oleh saya bagi orang-orang IT) yang memiliki kemampuan multidisiplin. Dimana kita menguasai dengan baik di berbagai disiplin ilmu atau field yang ada di dunia IT, sebut saja pemograman, jaringan, data base, seni digital komputasi, dan lain sebagainya.
Kita harus mampu menganalisa "bagian mana yang memiliki kecenderungan lebih" bagi kita. Disiplin ilmu mana yang cenderung lebih kita minati dan kuasai. setelah mampu menganalisa dan cukup yakin akan hal itu, barulah kita mengerahkan seluruh daya untuk dapat mengikuti perkembanganya. Misalnya seperti saya yang lebih cenderung memiliki minat pada field seni digital komputasi, desain dan multimedia, maka saya akan berusaha sebaik mungkin fokus dan menekuni field tersebut. Hal ini bukan berarti ktia meunutup kemungkinan untuk mempelajari field/disiplin lain. Kita juga musti mengikuti dan mengetahui dinamika perkembangan yang ada, tentunya dengan porsi yang jauh lebih sedikit dari apa yang menjadi fokus prhatian kita. Sesederhana update pengetahuan dan informasi.

Dari field yang kita pilih untuk tekuni, maka kita harus tanggap akan permintaan pasar, trend, dan hal lainya. Kita juga harus melengkapi diri dengan berbagai kemampuan tambahan dan sertifikasi yang tentunya akan sangat berpengaruh pada kompetensi, kualitas, dan kredibilitas kita. Kita juga tidak boleh resisten terhadap hal baru, seperti menolak untuk mempelajarinya. Kita tidak boleh berpuas diri dengan pencapaian yang ada, walaupun nantinya kita sudah sampai pada titik tertentu yang dianggap sebagai ahli atau orang yang sangat kompeten pada suatu bidang.

Seperti yang saya ungkapkan diatas dan beberapa kali sempat saya singgung, profesi saya mungkin akan cenderung berkaitan dengan dunia multimdedia, seni komputasi, desain, dan periklanan. Saya akan lebih fokus pada bidang tersebut, tentunya tanpa mengabaikan bidang yang lain. Saya akan menambah asuopan ilmu saya pada bidang tersebut, serta mencari sumber ilmu yang lain semisal kursus, workshop, otodidak, dan lainnya.

0 komentar:

Posting Komentar