Gawean Warga IT

Dunia IT mungkin bagi sebagian besar orang masih dianggap "keren" dan menjanjikan. Orang-orang yang terlibat dalamnya pun terdiri dari bermacam latar belakang profesi. dalam jangka waktu beberapa tahun kedepan mungkin akan ditemui beberapa komposisisi dan kombinasi berbeda dari cabang profesi IT yang kita temui sekarang. beberapa diantaranya masih bertahan, ada juga yang hilang, dan lainya
justru muncul sebagai cabang profesi baru.

Walaupun tidak ditunjang dengan landasan toeri yang mendukung, saya berasumsi beberapa profesi berikut akan hilang, tidak lagi dianggap sebagai profesi yang diminati, profesi tersebut antara lain seperti:

1.Programmer
Meskipun pada dasarnya kita harus mengetahui dan memahami dengan baik pemograman, pengkodean, namun profesi ini dianggap sebagai profesi pada strata yang lebih rendah. Perkembagnan bahasa pemograman pun mau tak mau melindas para professional yang tidak bisa bertahan dan beradaptasi.
Nantinya akan semakin sedikit orang yang berminat mendalami pemograman dan menjadi seorang programmer. Hal ini juga akan diperparah dengan kecenderungan kemudahan yang pada awalnya juga ditawarkan para programmer tersebut. Semua menjadi serba mudah dan instan, tanpa mengabaikan kualitas.

2.Jasa Instalasi komputer dan peralatannya
Pada masa lalu dan mungkin masih berlangsung hingga sekarang, jumlah orang yang mengerti tentang instalasi komputer dan peralatanya, hardware maupun software masih sangat sedikit.
Profesi ini sangat diminati dan dapat menjanjikan keuntungan yang besar meskipun dengan modal yang minim.
Namun Perkembangan kemudahan akses informasi akan membuat hal itu tidak lagi berlaku. Para vendor pun akan membuat semua komponen yang ada menjadi semakin user friendly mungkin.
Para end user akan dengan sangat mudah membangun perlatan komputer yang mereka inginkan tanpa perlu jasa pihak lain.

3.Jasa service komponen komputer
Point ini mungkin tidak jauh beda dengan point sebelumnya. Dimana para "penjaja jasa" service pada masa yang akan datang juga akan terlindas dengan perkembangan yang ada. End user akan bisa melakukan service dan perbaikan ringan terhadap komputer mereka. Kalaupun mereka tidak punya cukup waktu untuk melakukannya sendiri kemungkinan bagi mereka untuk membeli produk yang baru tetap ada. Karena perlu kita ingat bahwa salah satu karakteristik perkembangan dunia IT adalah kecenderungan peningkatan kualitas suatu produk dan dibarengi dengan harga yang semakin hari semakin terjangkau/murah pula.


Meskipun begitu, selaku masyarakat IT kita juga dihadapkan dengan kondisi yang contrary, dimana ada kemungkinan kedepan akan muncul beberapa profesi baru didunia IT, seperti :

1. Teknisi robot
Pernahkah anda menonton film-film dimana ditampilkan adanya suatu
masyatakat yang berbaur dengan robot dalam keseharian mereka. Isu ini bahkan sudah dikembangkan puluhan tahun yang lalu dalam beberapa film.Banyak pekerjaan akan dlakukan oleh mesin-mesin cerdas bernama robot tersebut.
Perlu juga kita ingat bahwa robot-robot tesebut diciptakan oleh manusia. Tidak ada yang sempurna, kerusakan dan kekeliruan bisa saja terjadi kapan saja. Dan untuk itu dibutuhkan tenaga ahli untuk memperbaiki mereka para “mesin cerdas” tersebut. Teknisi atau tenaga ahli ini, akan dilengkapi denga kemampuan dibidanng software dan hardware dari robot tersebut.

2. Polisi Cyber Crime
Mungin sekarang jumlah kejahatan dalam dunia maya masih cenderung sedikit, apakah itu jumlah kasus yang ada maupun kenyataan yang berhasil diusut dan diendus publikasi.
Perkembangan peradaban juga tidak pernah bisa dilepaskan dari salah satu unsurnya, yaitu “kriminal atau kejahatan”. Akan banyak terjadi kejahatan didunia IT.
Untuk itu dibutuhkan para “pihak berwajib”, para penegak keadilan yang bertugas mengendalikan situasi keamanan yang ada. Walaupun sekarang di Kepolisian sudah ada divisi Cyber Crime, namun jumlahnya yang masih sedikit.
Kebutuhan dan keharusan akan menuntut jumlah yang ada untuk ditingkatkan lagi. Bisa saja nantinya persentase jumlah mereka akan meningkat drastis beberapa kali lipat. Ini artinya dibutuhkan pula orang yang tepat untuk profesi ini, dan pilihan utama yaitu masyarakat IT atau orang-orang yang memang sudah familiar dan mendalami IT tersebut.

0 komentar:

Posting Komentar