Kedubes AS luncurkan Youtube untuk Indonsia

JAKARTA--MI: Untuk melancarkan misi diplomasi publik di Indonesia, Kedutaan Besar Amerika Serikat meluncurkan saluran YouTube yang menampilkan lebih dari 100 video pendek mengenai berbagai macam topik tentang Amerika.

Video-video yang berisikan tentang kebudayaan, masyarakat, pendidikan, kegiatan agama, politik, dan pendidikan bahasa Inggris ini dapat diakses melalui www.youtube.com/pasjakartaindonesia dan ditampilkan dalam Bahasa Indonesia atau diberi terjemahan Bahasa Indonesia, demikian siaran pers Kedubes AS di Jakarta, Kamis (17/9).

Sebagian besar video yang terdapat di YouTube ini diproduksi bersama oleh stasiun-stasiun televisi nasional Indonesia.

Peluncuran saluran YouTube ini adalah hal paling mutakhir dari rangkaian langkah-langkah inovatif yang diambil oleh Kedubes AS untuk memanfaatkan kecanggihan teknologi dalam menjalankan misi diplomasi publik di Indonesia.

Pada Januari lalu, Kedubes AS menjadi misi diplomatik pertama di Indonesia yang memiliki halaman penggemar (fan page) Facebook, www.facebook.com/jakarta.usembassy yang kini jumlahnya telah mencapai lebih dari 8,500 penggemar. Halaman ini menampilkan hal-hal unik seperti foto, video, dan perlombaan.

Pada tahun 2008, Kedubes AS ikut mensponsori konferensi blogging nasional Pesta Blogger kedua yang melibatkan lebih dari 1.000 peserta. Tahun ini Kedubes AS kembali menjadi sponsor utama acara Pesta Blogger 2009 yang rencananya akan diadakan di Jakarta pada 24 Oktober.

Kedubes AS pertama kali menggunakan YouTube pada 2008 untuk mengirimkan video ucapan selamat Idul Fitri dan kemudian pada tahun yang sama memasang video berupa instruksi untuk mengikuti "Diversity Visa Lottery" yang telah diakses beberapa ribu kali.(Ant/OL-04)

0 komentar:

Posting Komentar